Wednesday, May 19, 2010

Usut Kasus Innospec, KPK Dibantu Inggris

Paragraf berikut meringkas pekerjaan dari news ahli yang benar-benar akrab dengan semua aspek dari news. Memperhatikan saran mereka untuk menghindari segala news kejutan.
VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan kerjasama dengan Badan Antikorupsi Inggris atau Serious Fraud Office (SFO). KPK akan memanfaatkan kerjasama ini untuk mengumpulkan kasus dugaan penyuapan pejabat di Indonesia oleh perusaahaan Innospec Ltd.

"Melalui MoU ini bisa dipakai juga oleh KPK untuk menggali informasi soal Innospec," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di gedung KPK Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu 18 Mei 2010.

Perjanjian ini memang tidak terkait penanganan kasus Innospec Ltd. Namun kerjasama ini akan digunakan KPK untuk mendapatkan informasi tambahan terkait kasus itu.

Pengetahuan dapat memberikan keuntungan yang nyata. Untuk memastikan bahwa Anda sepenuhnya informasi tentang news, terus membaca.

Kerjasama dengan SFO, kata Johan meliputi beberapa hal antara lain, pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pemberantasan korupsi. Rencana penandatanganan kerjasama akan dilakukan di Inggris pada 7 Juni 2010 mendatang.

KPK akan mempelajari pengakuan Innospec Limited, anak perusahaan Innospec Inc yang menyuap oknum di Pertamina dan pejabat di Indonesia.

Perusahaan berbasis di Ellesmere Port, Inggris itu terbukti bersalah menyuap petinggi Pertamina dan pejabat Indonesia terkait penjualan bahan tetra ethyl lead (TEL) untuk bensin bertimbal.

Dalam kasus ini, KPK sudah mencegah enam orang ke luar negeri karena diduga terkait dugaan suap PT Innospec. Pencegahan itu sudah diajukan dan disetujui Direktorat Jenderal Imigrasi Departemen Hukum dan HAM.

Serious Fraud Office menyebutkan, untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia, perusahaan menunjuk agen di Indonesia untuk memenangkan kontrak-kontrak pemasok TEL. Selama 14 Februari 2002 sampai 31 Desember 2006, perusahaan itu membayar US$ 11,7 juta untuk agennya di Indonesia. (umi)

¢ VIVAnews
Hari akan tiba ketika Anda dapat menggunakan sesuatu yang Anda baca di sini untuk memiliki dampak yang menguntungkan. Kemudian Anda akan senang Anda meluangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang news.

No comments:

Post a Comment