Thursday, November 26, 2009

DIGITAL CAMERA : Samsung ST550, Untuk yang Narsis dan Populis

Apakah Anda ingin mencari tahu apa yang mereka-in-the-tahu telah mengatakan tentang news? Informasi dalam artikel di bawah ini berasal langsung dari informasi baik pakar-pakar dengan pengetahuan khusus tentang news.
Periset di Samsung memerhatikan bahwa banyak pengguna kamera kerap memotret dirinya, khususnya saat sedang berada di tempat menarik seorang diri. Namun hasil foto dengan cara biasanya kurang fokus atau tidak mencakup area yang diinginkan. Pasalnya, pemotret tidak bisa mengetahui dengan tepat posisi dirinya dalam foto. Kendala inilah yang diatasi Samsung via seri ST550 dengan LCD ganda. Sebuah LCD mungil di bagian depan akan membantu pengguna bercermin saat memotret dirinya. Inovasi yang cerdas bukan?

Meskipun bisa saja menempatkan cermin di bagian depan kamera seperti pada ponsel berkamera, agaknya Samsung bermaksud menjadikan LCD 1,5 di bagian depan ST550 berfungsi lebih menarik. Selain dapat menampilkan gambar obyek dengan jelas dan dinamis, layar mini ini bisa menampilkan status bidik kamera sehingga saat memotret dirinya sendiri pengguna bisa mengetahui mode bidik apa yang dipakai saat itu.

Keren-nya lagi, memotret anak kecil atau bayi yang biasanya sulit diajak tertawa kini menjadi lebih mudah via fitur Children Mode. Pada feature ini, LCD bagian depan akan menampilkan animasi badut lucu yang merangsang anak berekspresi riang.

Sepintas memang ST550 merupakan pengembangan lebih lanjut dari seri ST50 dengan spesifikasi serupa (termasuk kemampuan resolusi 12 megapixel). Namun, ST550 didesain lebih praktis dengan antarmuka Smart Gesture dan sensor gravity. Ini memungkinkan kita mengubah modus kamera atau melihat deretan foto pada layar LCD 3,5-nya dengan menggoyangkan kamera ke kiri dan kanan.

Fitur ini juga memungkinkan kita merotasi gambar dengan membuat tanda lingkaran dengan jari atau menghapus foto dengan membuat gerakan silang dengan jari. Setiap aktivitas pada layar sentuhnya ini akan menimbulkan getaran lembut sebagai tanda pilihan dilakukan, mirip akses pada iPhone dan BlackBerry Storm.

Cukup banyak teknologi menarik yang dibenamkan pada ST550 seperti penstabil gambar ganda (optical dan digital image stabilization) atau bidikan cerdas Smart Auto (yang bisa memilih modus foto sesuai kondisi secara otomatis). Modus yang amat praktis ini akan disukai mereka yang tidak mau dipusingkan oleh pemakaian manual.

Jika Anda menemukan diri Anda bingung dengan apa yang Anda telah membaca hingga saat ini, jangan putus asa. Semuanya harus jelas pada saat Anda selesai.

Teknologi Smart Face Recognition juga menarik karena mampu mengingat hingga 20 wajah dan menyesuaikan fokus pencahayaan ke wajah-wajah yang paling sering tertangkap kamera. Hal ini memungkinkan konsumen mencari gambar dengan mendaftarkan wajah-wajah dan menyortirnya untuk mendapatkan gambar di Smart Album mereka dengan cepat dibandingkan jika harus melihat foto satu per satu.


Nyaris saja InfoKomputer memberi nilai sempurna pada ST550 untuk kelas kamera saku yang cerdas berkat aneka fitur yang berbeda dan amat berguna. Namun kamera ini memiliki noise yang masih cukup tinggi pada setelan ISO tinggi. Selain itu, grip kamera yang licin juga kurang nyaman digenggam saat memotret. Kendati demikian kamera serba bisa ini mampu menjawab kebutuhan Anda yang sering bertingkah narsis dengan meletakkan foto-foto di situs jejaring sosial.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Mudah dipakai; dua LCD; fitur fotografi menarik; bisa rekam video HD; lensa sudut lebar; ada perbaikan foto; ada sensor gerak.

MINUS: Grip licin; banyak noise di ISO tinggi; port kamera kurang umum.


SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4
Fasilitas : 4,3
Penggunaan : 4,5
Harga : 3,5
SKOR TOTAL : 4,09


SPESIFIKASI: SAMSUNG ST550
Resolusi Pixel: 12,4 megapixel
Resolusi Foto (min/max): 1024x768/4000x3000 pixel
Resolusi Video (min/max): 320x240/800x592 @ 15/20/30 fps
Media Perekam: Internal55MB & microSD
Format File (gambar/video/audio): JPEG/AVI/WAV
Ukuran lensa ekivalen-35mm: 27-124,2 mm
Aperture Setting: f/3.5-5.6
Ekivalen ISO: 80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Zoom: 4,6x optical, 5x digital
Kecepatan shutter (detik): 8 - 1/2000
Fokus terdekat terbaik (makro): 10 cm
Viewfinder: Tidak ada
Diagonal LCD: 3,5 inci (belakang) & 1,5 (depan)
Koneksi komputer: USB
Tipe baterai/isi ulang: Lithium Ion 720mAh/ Ya
Charger baterai: Ada
Dimensi (plt): 9,9x5,9x1,8 cm
Bobot (dengan baterai dan kartu memori): 164 gram
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.samsungcamera.com
Harga kisaran*: Rp 3.500.000
* Samsung Indonesia, (021) 5299-1777

Sekarang Anda bisa menjadi ahli percaya diri pada news. OK, mungkin bukan seorang ahli. Tapi Anda harus memiliki sesuatu untuk membawa ke meja lain kali Anda bergabung dengan diskusi pada news.

No comments:

Post a Comment