Tuesday, December 8, 2009

KOMPUTER : Asrock Ion 330: Mendobrak Dominasi

Artikel berikut menyajikan informasi paling terakhir pada news. Jika Anda memiliki minat khusus dalam news, maka artikel informatif ini diperlukan membaca.
Chipset memiliki peran penting dalam kinerja sebuah komputer. Pasalnya, chipset-lah yang mengatur lalu lintas data antara prosesor ke memori, harddisk, dan komponen lain. Perannya akan semakin besar jika fungsi grafis komputer tersebut bersifat onboard, karena berarti chip grafis ada di dalam chipset tersebut.

Sebagai pembuat prosesor Atom, Intel memiliki posisi menguntungkan dalam hal chipset. Nyaris semua netbook dan nettop yang ada di pasaran saat ini menggunakan chipset Intel 945GSE, padahal chipset ini terhitung œberumur dan memiliki kinerja yang relatif tidak istimewa.

Nah, peran Intel 945GSE itulah yang coba digoyang oleh nVidia melalui chipset Ion. nVidia mengklaim, Ion akan memberikan kinerja yang jauh lebih hebat dibanding Intel 945GSE, utamanya dari sisi grafis yang selama ini menjadi andalan nVidia.

Asrock Ion 330 adalah satu dari sedikit produk yang memasangkan Intel Atom dengan chipset nVidia Ion. Produk ini sendiri hadir dalam bentuk nettop dengan ukuran yang mungil. Harganya juga murah (US$ 350), meski dengan catatan Anda masih harus membeli monitor, mouse, dan keyboard secara terpisah.

Penggunaan chipset Ion membuat nettop ini memiliki port HDMI; satu hal yang tidak Anad temui di nettop yang menggunakan chipset Intel 945GSE. Selain HDMI, di panel belakang Anda juga akan menemukan Ethernet, 6 port USB, VGA Out, serta port audio. Di bagian depan, cuma ada DVD Writer, tanpa ada port USB atau audio seperti yang jamak kita temui di PC saat ini. Hal ini cukup disayangkan karena membuat kita harus agak repot untuk memasang flashdisk di sisi belakang. Yang juga perlu dicatat, 2 dari 6 port USB akan digunakan oleh mouse dan keyboard karena tidak ada port PS/2 di nettop ini.

Ketika pertama menyalakan, kami cukup tertegun mendapati betapa heningnya Asrock Ion 330 ini. Jika saja tidak ada lampu indikator yang berkedip, kami tidak tahu kalau nettop ini sudah menyala. Keheningan sedikit terpecahkan saat kami coba memutar DVD, namun dengan tingkat yang tidak mengganggu.


Satu hal yang penting dicatat, Asrock Ion 330 masih bisa di-overclock. Melalui menu BIOS maupun software OC Tuner, Anda bisa meningkatkan FSB dari prosesor Atom 330 yang digunakan nettop ini. Ketika kami coba, kecepatan prosesor bisa menyentuh angka 2,1GHz, atau 30% dari kecepatan standar 1,6GHz.

 

Informasi tentang news disajikan di sini akan melakukan salah satu dari dua hal: baik itu akan memperkuat apa yang anda ketahui tentang news atau akan mengajari Anda sesuatu yang baru. Keduanya hasil yang baik.

Pada kondisi full-load, daya yang diserap Asrock Ion 330 hanya sekitar 40 watt. Jadi jika disimpulkan dalam bahasa sederhana, nettop ini memiliki bentuk ramping, kinerja lumayan, dan hemat listrik. Yang agak disayangkan adalah tidak adanya fasilitas Wi-Fi dan slot kartu memori. Meski begitu, menurut kami Asrock Ion 330 bisa menjadi solusi ideal untuk rumah, kantor, maupun warnet yang butuh komputer yang ringkas.

Sumber: InfoKomputer


PLUS : Kemampuan grafis bagus; mungil dan ringan; hemat listrik; bisa di-overclock.

MINUS : Tanpa slot memori dan WiFi


SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja: 3,75
Fasilitas: 4
Kemudahan: 4
Harga: 4,25
SKOR TOTAL: 4

Hasil Pengujian
nVidia berhasil membuktikan klaim kalau Ion lebih baik secara grafis dari Intel 945GSE, terlihat dari skor 3D mark 2006 yang mencapai 627. Secara umum performa Asrock Ion 330 juga lebih baik dari HP Compaq CQ2035D, kecuali pada encoding video.

 

 

Spesifikasi ASROCK ION 330
Prosesor : Intel Atom330 (1,6GHz, FSB 533MHz)
RAM: 2GB, DDR2-800
Chipset: nVidia MCP79
Kartu grafis: nVidia Ion
Harddisk: 320GB 75400 RPM SATA-II (ST9320325AS)
Optical drive: DVD RW+R DL
Fasilitas: LAN, USB(6), audio, VGA-out, HDMI, SPDIF
Layar/Monitor: Tidak disertakan
Kartu suara: Via VT1708S
Sistem operasi: Tidak ada
Dimensi: 19,5x18,5x6,5 cm
Garansi: 1 tahun
Situs web: www.asrock.com
Harga kisaran*: US$ 350
*Astrindo Senayasa, (021) 612-1330

Sekarang mungkin saat yang tepat untuk menuliskan poin utama dibahas di atas. Tindakan meletakkannya di atas kertas akan membantu Anda mengingat apa yang penting tentang news.

No comments:

Post a Comment